Oleh: ELISANDER HIA, S.Pd
(Ketua Bidang Pendidikan Yapendik GPIB Cabang Samarinda)
Kendala yang turut memperlambat perkembangan jumlah siswa di sekolah Yapendik GPIB Cabang Samarinda antara lain :
- Adanya program sekolah gratis dari TK sampai dengan SMA sederajat, baik atas program pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah sehingga orang tua siswa memilih sekolah-sekolah negeri karena gratis.
- Sumber murid sekolah-sekolah Yapendik GPIB Cabang Samarinda pada awalnya sebagian besar berasal dari pedalaman (wilayah kabupaten). Namun setelah wilayah itu menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) maka terjadilah kemajuan pesat sekolah-sekolah di pedalaman yang akibatnya siswa memilih melanjutkan pendidikan di daerah sendiri, tidak meneruskan ke kota provinsi sebagaimana sebelumnya.
- Kurangnya pemahaman sebagian warga jemaat GPIB bahwa Yapendik GPIB adalah salah satu lembaga pelayanan di bidang pendidikan. Bahkan beranggapan lulusan sekolah Yapendik GPIB sendiri kurang berkualitas.
- Yapendik GPIB berorientasi pelayanan, bukan berorientasi bisnis. Oleh karena itu siswa yang diterima di sekolah-sekolah Yapendik GPIB mempunyai latar belakang yang beragam, ekonomi lemah atau tidak lulus seleksi di sekolah negeri.
- Sumber pembiayaan untuk meningkatkan kesejahteraan guru sangat terbatas akibat dari rendahnya jumlah siswa per sekolah dan atau kurangnya sumber pembiayaan lain yang dimiliki oleh Yapendik GPIB.
Kondisi siswa pada tahun pelajaran 2018/2019 di Yapendik GPIB Cabang Samarinda adalah sebagai berikut :
No. | Nama Satuan Pendidikan | Tahun Operasional | Status Akreditasi | Jumlah Guru | Jumlah Murid | Jumlah Ruang Belajar |
1 | Play Group Kristen Immanuel Samarinda | 2016/2017 | Rintisan | 2 | 9 | 1 |
2 | TK Kristen Immanuel Samarinda | 1972 | Akreditasi B | 11 | 62 | 6 |
3 | SD Kristen Immanuel Samarinda | 2017/208 | Izin Operasional | 6 | 14 | 2 |
4 | SMP Kristen Immanuel Samarinda | 1985/1986 | Akreditasi B | 11 | 29 | 3 |
5 | SMA Kristen Immanuel Samarinda | 1988/1989 | Akreditasi B | 14 | 35 | 5 |
- LANGKAH-LANGKAH PENINGKATAN MUTU
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Yapendik GPIB Cabang Samarinda, maka Pengurus Harian periode 2016-2021 menetapkan langkah-langkah sebagai berikut :
- Memenuhi kebutuhan guru pada masing-masing satuan pendidikan, baik kualitatif maupun kuantitatif.
- Menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermutu.
- Meningkatkan penerapan disiplin kerja guru, disiplin siswa dan disiplin kegiatan belajar mengajar.
- Mengusahakan peningkatan kesejahteraan guru dan pegawai Yapendik GPIB Cabang Samarinda secara bertahap dan proporsional.
- Mengelola keuangan Yapendik secara transparansi dan bertanggung jawab.
- Menjadikan warga sekolah Yapendik sebagai bagian dari unsur penunjang pelayanan dan kesaksian GPIB.
- Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai pihak (Network)
PRESTASI-PRESTASI SEKOLAH
Dalam segala keterbatasannya sekolah-sekolah di Yapendik GPIB Cabang Samarinda berupaya mendidik dan membimbing siswa dalam berbagai kegiatan di bidang akademik, olahraga, kesenian dan keterampilan. Dalam waktu 2 tahun terakhir beberapa prestasi diraih oleh masing-masing sekolah antara lain :
bersambung
(*)